11 Tempat Wisata Alam di Surabaya Terbaik dan Ramai Dikunjungi

Tempat Wisata Alam di Surabaya Terbaik

Tempat Wisata Alam di Surabaya – Surabaya menjadi ikon kota dengan raihan prestasi yang tidak sedikit. Berbagai macam bidang berusaha dikembangkan. Baik di bidang pendidikan, kesehatan maupun pariwisata. Jika selama ini anda merasa panas dan susah untuk mengunjungi Surabaya, maka anda tidak akan merasa demikian setelah mengetahui ragam tempat wisata alam di Surabaya.

Tempat wisata di Surabaya memang mencapai puluhan. Tetapi untuk wisata alam, anda bisa menemukannya sekitar dua puluhan. Tentu dengan pertimbangan yang matang, berlibur di Surabaya bisa menjadi momen menyenangkan.

1. Taman Bungkul

Objek wisata alam di Surabya yang pertama adalah Taman Bungkul. Berlokasi di Jalan Raya Darmo Surabaya, dan berada di area sekitar 900 meter persegi dengan fasilitas pendukung seperti amfiteater berdiameter 33 M, jogging track, taman bermain anak-anak serta lahan untuk papan luncur.

Taman Bungkul juga difasilitasi dengan akses internet nirkabel. Kabarnya, nama ini diambil dari nama Mbah Bungkul yang dimakamkan di taman ini juga. Mbah bungkul merupakan julukan untuk Ki Supo, ulama di kerajaan Majapahit.

2. Food Junction

Wisata alam di daerah Surabaya selanjutnya adalah Food Junction Grand Pakuwon Tandes. Banyak wahana yang bisa anda coba dengan harga 20 ribu rupiah untuk setiap wahana. Ada banyak wahana di Food Junction seperti permainan bebek air, festival of light, ada kereta mini, VW mini, dan masih banyak lainnya.

Anda akan ditemani dengan lampu-lampu unik seperti di Malang. Nikmati liburan anda dengan gemerlap keindahan di Food Junction ini. Rencanakan berlibur anda bersama keluarga anda.

3. Hutan Bambu dan Taman Harmoni Surabaya

Ada beberapa orang yang menganggap liburan merupakan sebuah keharusan. Penting untuk kesehatan mental dan rasa segar dalam tubuh anda. Hutan Bambu bisa menjadi pilihan baru untuk anda kunjungi.

Hutan bambu yang sangat rapat mirip dengan hutan bambu sagano Jepang. Untuk anda yang belum pernah ke Jepang, anda bisa sementara bisa mampir ke hutan bambu keputih dulu.

4. Sungai Kalimas

Tempat wisata alam di Surabaya dan Malang berikutnya adalah Sungai Kalimas. Kabarnya, di abad ke-18, kota Surabaya menjadi daerah yang sudah cukup ramai. Saat itu dilalui puluhan dan bahkan ratusan kapal atau perahu.

Sungai ini merupakan jalur utama untuk mengangkut berbagai barang dan aneka hasil bumi yang ada. Selain lebar dengan aliran air yang tenang, dipinggir sungai terdapat ratusan gudang dan pabrik yang konon lebih banyak dari yang ada di Batavia sekalipun.

5. Kebun Binatang Surabaya

Referensi tempat wisata alam di Surabaya adalah KBS atau anda sering mendengarnya dengan kebun binatang Surabaya. KBS adalah kebun binatang yang pernah terlengkap se-Asia Tenggara. Di dalamnya ada lebih dari 351 spesies satwa yang berbeda dan terdiri lebih dari 2.806 binatang.

Lokasi KBS yang pertama ada di Kaliondo, kemudian pada tanggal 28 September 1917 pindah di Jalan Groedo. Dan tahun 1920 pindah ke daerah Darmo untuk areal kebun binatang yang baru. Tempat wisata ini cocok anda kunjungi bersama keluarga anda.

6. Pantai Kenjeran

Lokasi wisata alam di Surabaya yang satu ini adalah Pantai Kenjeran. Pantai ini ada di kecamatan Kenjeran, terletak sekitar 9 km dari pusat kota. Anda bisa bersantai sambil menikmati keindahan alam dan deburan ombak.

Selain itu ada juga sarana bermain anak-anak, taman yang asri dan pemandangan bebatuan yang sangat memanjakan mata. Anda bisa menikmati makanan khas Surabaya, misalnya Lontong balap, lontong kupang, sate kerang, dan sebagainya. Cindera mata khas Surabaya jangan lupa untuk anda koleksi.

7. Taman Apsari, Tempat Wisata Alam di Surabaya

Wisata alam di Kota Surabaya kali ini memiliki keunikan jika dibandingkan dengan kawasan Surabaya lainnya. Ada di depan gedung grahadi dan terasa sejuk. Suasananya relative tenang meski ada di tengah kota. Sementara di dalam area ada juga patung suryo dan joko dolog.

Liburan anda akan lengkap ditemani dengan lebih kurang 20 jenis bunga dan tanaman. Ada juga jogging track yang nyaman untuk jalan-jalan. Anda bisa bermain skateboard atau sekadar bersantai.

8. Monumen Gubernur Suryo

Selanjutnya, tempat wisata alam di Surabaya datang dari Monumen Gubernur Suryo. Ini merupakan monumen penghormatan yang ditujukan untuk Gubernur pertama Jawa Timur yang telah terbunuh selama pemberontakan PKI di Madiun tahun 1948. Terletak di Kompleks Taman Apsari di Jalan Gubernur Suryo depan Gedung Negara Grahadi

Selain sebagai simbol kebesaran Gubernur Suryo, di sekitar monumen tersebut juga selalu di jadikan tempat berkumpul oleh pemuda pemudi sekitar. Baik ketika malam minggu atau hari – hari biasa. Tempat ini cukup ramai dikunjungi.

9. Taman Flora

Tempat wisata di Surabaya yang tergolong murah adalah taman flora. Ada lebih dari 50 taman yang menjadi taman aktif. Dengan jumlah yang tidak main-main. Anda bisa menyebutnya sebagai salah satu taman terbaik yang dimiliki Surabaya. Sebuah kelengkapan di sekitap sudut taman. Memiliki ruang multi fungsi yang bisa anda manfaatkan.

10. Hutan Pakal

Nah jika tempat yang satu ini masih tergolong favorite dari para pendatang. Kondisi hutan kota ini pada musim hujan akan terlihat hijau dan asri. Pepohonannya seperti pohon trembesi. Ada juga merimbun dan menghijau yang menambah kesegaran

Anda bisa juga menemukan tambak yang dijadikan kolam pemancingan. Dan disekitarnya merupakan bangunan rumah joglo dimana masyarakat yang memancing dengan santai tanpa kepanasan.

11. Trans Studio Mini

Bukan hanya ada di Bandung dan Makassar, anda bisa menemukannya di Surabaya. Namun pastikan anda membawa budget yang cukup. Banyak wahana yang patut anda coba. Konsep yang ditawarkan Trans Studio Mini pertama di Surabaya ini yaitu “DINO IN NEW YORK”. Berbagai macam patung dinosaurus seperti di “Jurrasic Park” yang bisa bergerak, dan juga patung Liberty New York yang berukuran besar.

12. Taman Surya

Sarana rekreasi murah dan menarik di Surabaya adalah taman surya. Taman Surya Surabaya adalah taman yang terbilang sangat jadul. Sudah ada sejak Balai Kota Surabaya berdiri namun sekarang sudah banyak perubahan. Dibongkarnya dinding pembatas taman yang terbuat dari tembok semen, lalu diganti dengan pagar tanaman hidup.

Saat ini kondisinya terlihat lebih hijau dengan pelataran yang dulunya tanah, sekarang menjadi dengan lantai keramik. Anda bisa berkunjung ke taman surya bersama keluarga dan anak – anak anda. Lebih baik jika anda mengunjunginya pada waktu sore hari.

Surabaya sebagai Kota di Jawa Timur memiliki ragam tempat wisata alam menarik. Anda bisa mengunjunginya kapan saja. Pastikan anda memiliki waktu luang dan jelajahi tempat wisata di Surabaya.

Lokasi